Untuk pertama kalinya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros menjadi juara dalam lomba jalan tingkat nasional oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Hadiah dan tropi diserahkan langsung Menteri PUPR, Basuki Hadimulyono.

Penyerahan tropi dan hadiahnya pun dihadiri langsung Bupati Maros, Chaidir Syam, bersama Kadis PU, Muetazim Mansyur di malam puncak Hari Jalan Nasional 2022 dan Konferensi Regional Teknik Jalan (KRTJ) ke 15 di Bogor, Jawa Barat.

Meski hanya juara ketiga, Chaidir mengaku bangga denga torehan itu. Betapa tidak dari 416 Kabupaten di seluruh Indonesia yang dinilai, Maros menjadi wakil Kabupaten di Wilayah Indonesia Timur yang masuk dan menjadi juara.

Menurutnya,  apa yang telah dilakukan pemkab Maros terkait jalan ini betul-betul diapresiasi oleh negara.

Chaidir menyebut, penilaian juara lomba jalan tingkat Nasional itu tidak hanya menilai kuantitas dan kualitas jalan yang dibangun. Tapi juga administrasi pendukung serta inovasi Pemkab dalam pengelolaannya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU, Muetazim Mansyur menjelaskan, inovasi-inovasi yang dilakukan Pemkab Maros itu diantaranya, pengadaan mobil derek untuk kendaraan mogok dan membuat kemacetan di jalur Trans Sulawesi.

Selain itu, kata dia, dari sisi IT, Pemkab Maros telah memasang sejumlah CCTV di beberapa titik jalan trans Sulawesi yang bisa dipantau 24 jam. Hal ini juga dianggap sebagai bentuk pelayanan dan kepedulian Pemkab Maros pada pengguna jalan.

Muetazim melanjutkan, pada periode lalu, target pembangunan jalan direncanakan sepanjang 100 kilometer pertahun. Realisasinya, Pemkab Maros telah berhasil mengerjakan peningkatan jalan sepanjang 70 kilometer dan 30 kilometer lainnya jalan baru di kecamatan Tompobulu. (marosfm news department)

Leave a Comment