Jalan Trans Sulawesi Poros Maros – Pangkep tepatnya di Desa Maccini Baji, Kecamatan Lau Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan akan ditutup sementara waktu.

Penutupan jalan ini mulai dilakukan pada Rabu, 24 Agustus 2022 karena akan dilakukan pergeseran jembatan rel kereta api yang akan melintasi tepat diatas jalan tersebut.

Balai Pengelola Kereta Api (BPKA) Sulsel, Arif Sujatmoko mengatakan, penutupan tersebut guna mempercepat pembangunan rel kereta api yang nantinya akan beroperasi.

Disampaikan Arief, penutupan ini akan dilakukan mulai Rabu, pukul 23.00 hingga 04.00 WITA, demi keamanan dan proses pengerjaan akan ditutup sementara.

Menurut Arif, metode yang dipakai dalam pergeseran jembatan tersebut menggunakan sistem hidrolik, yang akan dilakukan secara bertahap.

Dimana alat pendorong jenis hidrolik sekali dorong sepanjang 90cm, jadi dibutuhkan waktu kurang lebih 4 hingga 5 jam lamanya.

BPKA juga sebelumnya telah melakukan simulasi terkait penutupan jalan Poros Trans Sulawesi Maros- Pangkep dibantu jajaran Kepolisian Polres Maros. Pihaknya juga telah menyiapkan jalur alternatif.

Lebih lanjut disampaikan Arief, penutupan ini  juga telah disiapkan jalur alternatif, bagi kendaraan kecil nanti pengendara akan diarahkan kejalan Bonto Rea dan tembus di Polsek Lau. Untuk kendaraan besar akan dihentikan dulu selama proses pergeseran.

Dia menambahkan, pengerjaan ini sudah dimulai sejak dua hari lalu. Sehingga terjadi penyempitan jalan dari arah Maros menuju Pangkep.

Ia mengimbau kepada para pengguna jalan, angkutan barang  dan penumpang agar menunda perjalanan pada hari pengerjaan. (ISP/Marosfm News Department)

Leave a Comment