Pemerintah Kabupaten Maros melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3ADALDUKKB) memperingati Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke-29 Tahun, jumat (12/08/2022)

Hadir dalam kegiatan itu, Bupati Maros, Chaidir Syam bersama Ketua TP PKK Maros, Apt. Hj. Ulfiah Nur Yusuf, Ketua DPRD, Dandim 1422, Kepala OPD hingga Anggota DPRD Provinsi Sulsel, A. Irfan AB dan Kepala BKKBN Perwakilan Prov. Sulsel, Dra. Hj. A. Ritamariani, M.Pd. Selain itu hadir pula Kepala Puskesmas dan Camat dari 14 Kecamatan di Maros.

Kadis P3ADALDUKKB Maros, dr. Fitri Adecahya menjelaskan, Berbagai macam kegiatan digelar dalam menyemarakkan HARGANAS, mulai dari Jalan Santai sambil lomba yel-yel, pameran produk hasil UKM melalui UPPKA (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor), pencanangan kampung KB, hingga peluncuran program DAHSAT (Dapur Sehat Atasi Stunting).

Sementara, Chaidir Syam dalam sambutannya mengatakan momentum Harganas ini menjadi ajang sosialisasi kepada keluarga untuk membantu percepatan penurunan stunting karena keluarga adalah institusi terkecil dalam masyarakat, Sehingga keluarga menjadi pondasi penting awal pembangunan karakter bangsa.

Ia pun mengajak agar optimalisasi delapan fungsi keluarga terus ditingkatkan mulai dari fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, pendidikan, ekonomi, dan fungsi pembinaan lingkungan untuk mewujudkan keluarga yang berketahanan, berkulitas, sehat, damai dan ikut dalam upaya pencegahan stunting.

Menurutnya, keluarga adalah tonggak pertama yang harus bisa mencegah terjadinya stunting. Melalui pencegahan sejak sebelum perkawinan, sampai 1000 hari fase kehidupan.

Salah seorang panitia kegiatan, Hj. Andi Rasmawaty Rasjid, SKM, M.Kes yang saat ini sebagai Sub Koordinator Penyuluhan dan KIE Dinas P3ADALDUKKB Maros yang ditemui Maros FM mengaku peringatan HARGANAS tahun ini sangat meriah dibanding tahun sebelumnya sehingga diharapkan memiliki dampak yang baik dalam sosialisasi pencegahan stunting. (marosfm news department)

Leave a Comment