DPRD Maros bersama Pemkab Maros menggelar Rapat Paripurna terkait pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Maros, Kamis, 12 Mei 2022 di Gedung Utama DPRD Maros.

Dalam rapat Paripurna tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Maros, Andi Patarai Amir dan dihadiri Aisten 1, Agustam.

Dalam sambutannya, Patarai mengatakan, Raperda yang dimaksud menyangkut dua hal. Yakni Ranperda Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung dan Ranperda Pengelolaan Keuangan Daerah. Sesuai mekanisme, raperda telah diserahkan oleh Bupati pada Kamis 29 April lalu dan Dipandang masih ada beberapa hal yang perlu tanggapan dan penjelasan.

Pandangan dari Fraksi Golkar, Wahyuni Malik mengatakan, Raperda Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung harus dilakukan secara efektif, sebab saat ini Maros masih dalam proses pemulihan ekonomi. Terkait pengelolaan keuangan daerah menurutnya transfaransi perlu ditingkatkan lagi.

Dari Fraksi Nasdem, Andi Syahrir Mappangara, mengatakan Raperda Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung harus memperjelas dan memperhitungkan secara matang objek tertibusi dan juga besarannya. Menurutnya, sistem pengelolaan keuangan juga harus transfaran dan dapat diakses masyarakat.

Sementara itu, dari Fraksi PKB, Nasir mengatakan, Raperda ini merupakan Raperda strategis yang menyangkut hajat masyarakat Maros, yang digunakan sebagai alat pelayanan dan kesejahteraan masyarakat. Terkait pelaksanaan anggaran dalam APBD dapat dilakukan lebih awal.

Kemudian dari Fraksi Gerindra, Rosdiana Mengatakan, pengaturan retribusi harus memberikan pelayanan kemasyarakat, sebagai usaha pemerintah dalam pengawasan dan pengendalian tata ruang. Terkait pengelolaan keuangan daerah Pemerintah harus berorientasi pada hasil agar program yang direncanakan mencapai tujuan.

Selanjutnya dari Fraksi PAN – PBB, PKD dan Hanura, Aisyah Nurliana, mengatakan Ranperda Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung, harus menjamin keselamatan penggunaan lingkungan

Untuk pengelolaan keuangan daerah dinilainya Pemda Maros perlu membuat website yang dapat dikelola oleh masyarakat. (ISP/Marosfm News Department)

Leave a Comment