Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar Dialog Pembauran Kebangsaan dan Pengukuhan Pengurus Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK) se-kecamatan Maros periode 2022-2026. Kegiatan tersebut dilaksanakan diaula kantor Bupati Maros, Jalan Jendral Sudirman Senin (23/05/2022). Pengurus tersebut dikukuhkan langsung oleh Bupati Maros, Chadir Syam.

Dalam sambutannya, Chadir mengatakan jika salah satu hal yang paling mudah untuk dijadikan isu perpecahan adalah SARA.

Menurutnya, Suku, Agama, Ras dan Golongan adalah sesuatu yang paling mudah untuk dipecah atau dijadikan isu untuk perpecah belahan, sehingga dengan adanya forum ini, ia berharap agar semua bisa mengantisipasi hal tersebut.

Chaidir melanjutkan, jika peran Forum Pembauran Kebangsaan tingkat kecamatan ini kedepan akan mampu menjadi garda bagi masyarakat dalam menjaga ketertiban dan memberikan kenyamanan. Melalui pengukuhan pengurus forum ini, pihak pemkab maros meminta agar seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Maros untuk selalu berkoordinasi langsung, guna memaksimalkan berbagai wacana program kerja pengurus.

Pengukuhan ini juga dirangkaikan dengan Sharing Session yang dihadiri seluruh camat sekabupaten Maros, beserta seluruh staf Kesbangpol dan tamu undangan.

Sementara, Kepala Bagian Kesbangpol Drs. Kamaluddin Nut mengatakan, kegiatan ini merupakan wadah komunikasi dan keharmonisan yang lebih baik diantara masyarakat sebagai upaya referensi ,sehingga masyarakat dapat memahami pentingnya forum pembaharuan kebangsaan dalam suatu daerah baik ditingkat kabupaten maupun ditingkat desa/kelurahan.

Ia berharap, para pengurus Forum pembaharuan kebangsaan ini dapat berperan serta dalam kegiatan pemerintahan, khususnya dalam pelayanan masyarakat, minimal dapat memberi masukan dan pertimbangan kepada pimpinan, sehingga keamanan dan ketertiban masyarakat dapat lebih terjaga dan kondusif. (ISP/Marosfm News Department)

Leave a Comment