Pemerintah Kabupaten Maros menyerahkan dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) dalam rapat paripurna DPRD di Gedung rapat DPRD Maros Jalan Lanto Dg. Pasewang Kecamatan Turikale, Kamis , 29 April 2022.

Rapat tersebut dipimpin Wakil Ketua I DPRD Maros, Hj. Haeriah Rahman, didampingi Wakil Ketua II DPRD Maros, Fatmawati.

Dua Ranperda yang diserahkan Pemkab Maros yakni Ranperda Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung dan Ranperda Pengelolaan Keuangan Daerah.

Dalam sambutannya, Bupati Maros, AS Chaidir Syam, mengatakan, Ranperda Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung ini akan menghadirkan sistem pengendalian pendirian bangunan yang dapat menjadi landasan pemerintah daerah melalui mekanisme perizinan.

Mantan Ketua DPRD Maros ini  juga mengatakan, dengan adanya Ranperda ini bangunan gedung yang terbangun dapat terjamin keselamatan pengguna dan lingkungan.

Selain itu pemenuhan standar teknis bangunan gedung juga akan sesuai fungsi dan kalsifikasinya.

Ia berharap dengan adanya perda retribusi persetujuan bangunan gedung ini, dapat menjadi aturan baku yang harus dipatihi oleh semua pihak.

Tak hanya itu Ranperda Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Maros Nomor 1 Tahun 2007 sudah tidak sesuai dengan perkembangan peraturan perundang – undagan sehingga perlu diganti. (ISP/Marosfm News Department)

Leave a Comment