Melihat aktifitas masyarakat yang semakin produktif, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Maros merangkaikan agenda Event yang bertajuk “Setahun Mengabdi Hati Kita Keren” acara tersebut berlangsung di 14 Kecamatan itu.

Dibuka langsung Bupati Maros Chaidir Syam lansung memantau setiap tenant yang menjual berbagai olahan rumahan.

Saat memantau, Bupati Maros meminta kepada seluruh pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk produk makanan dan minuman lokal di Kabupaten Maros, mendaftarkan administrasi serta sudah teruji kehalalannya sebelum dikonsumsi saat dijual ke masyarakat.

Harapan tersebut disampaikan Bupati Maros Chaidir Syam saat meninjau berbabagai tenant di pelataran Kantor Kecamatan Lau. Jum’at kemarin 11 Februari 2022.

Chaidir Syam juga menyampaikan bahwa UMKM memang telah digenjot setahun terakhir ini, Pemda Maros juga berupaya agar semua produk makanan telah disertifivikasi terlebih dahulu.

Ia juga menambahkan, meskipun Kabupaten Maros mayoritas muslim, namun masih banyak pedagang lokal yang tidak mengurus dagangannya agar bersertifikat halal. Sehingga ia membuka ruang bagi pelaku UMKM agar mendaftarkan usaha dagangnya.

Ia berharap peranan Ekonomi Kreatif mampu meningkatkan pemulihan ekonomi di pasca masa pandemi covid-19 dan mampu membuka ruang baru bagi masyarakat, terlebih pada sektor ekonomi kreatif yang lebih inovatif. Selain itu menurutnya, kedepan mampu membantu pemda dalam mengembangkan potensi wisata serta memanfaatkan produk lokal sebagai nilai jual yang nantinya akan dipasarkan diberbagai destinasi wisata yang ada di kabupaten Maros.

Terakhir, Chaidir juga membeberkan tentang potensi SDM masyarakat maros yang sudah masuk dalam kategori mumpuni untuk bersaing, terlebih pada sektor ekonomi kreatif. (ISP)

(marosfm news department)

Leave a Comment