Sebagian orang punya banyak cara untuk menghabiskan waktu libur akhir pekannya, salah satunya tempat wisata dikabupaten Maros. Dengan konsep kolam bernuansa hamparan sawah dan gugusan karst, tempat ini cocok untuk bertamasya.

Kolam Wisata Bungaeja atau biasa disebut Kolam Dolli ini terletak di Dusun Bungaeja, Desa Tukamasea, Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros Sulawesi Selatan.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Bungaeja, Bantimurung mengatakan, kolam ini bermula dari lokasi yang dijadikan rawa tempat pengambilan tanah irigasi persawahan.

Ia bercerita, pada tahun 2018 ini berupa rawa tempat pengambilan tanah untuk irigasi sawah, tapi dengan usulan dan musyawarah warga sekitar  muncul ide untuk mengubahnya menjadi kolam, warga pun setuju untuk mulai melakukan pengerjaan di tahun 2019. Dan hingga saat ini, rawa tersebut disulap menjadi kolam permandian.

Suardi juga mengatakan, pihak pengelola menamakan kolam tersebut “Dolli” atau dalam artian bahasa bugis Gunung yang Menjulang tinggi. 

Tak hanya itu, hamparan sawah yang hijau menjadi daya tarik bagi penikmat liburan yang sangat instagramable.

Dan uniknya sumber air kolam tersebut juga berasal dari mata air karst yang mengalir langsung ke kolam, apa lagi lokasi tersebut tepat dibawah kaki gugusan karst.

Untuk mencapai lokasi ini, pengunjung cukup menempuh jarak sepanjang 27 kilometer dari Kota Maros menuju lokasi Kolam Wisata Bungaeja Dolli.

Untuk harga tiketnya sendiri pun terbilang murah, Senin – Jumat Rp 7.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 khusus untuk hari libur atau weekend Sabtu – Minggu dengan tarif sebesar Rp.10.000 untuk dewasa dan anak-anak Rp.7.000.

Tak hanya itu, pengunjung tak perlu repot-repot membawa bekal makanan, disini kita dapat menikmati stand UMKM yang menjual berbagai jenis makanan yang sangat nikmat dan tentunya harga yang sangat murah.

Sementara itu Kepala Desa Tukamasea Makmur mengakatakan, dengan luas wilayah sekitar 4 hektar are ini masih akan terus dilakukan pengembangan wahana, sehingga dapat menarik lebih banyak lagi pengunjung.
Wisata Kolam Bungaeja Dolli di Maros saat malam hari
Ia juga menjelaskan, luas ukuran kolam sendiri mencapai 4 hektar are dan dikelola oleh Bumdes dengan biaya pembangunan sebesar 1,1 Miliyar dari Anggaran Dana Desa (ADD) Desa Bungaeja,
Pihak pemerintah sekitar juga telah mengkonsep rencana kedepan dan akan terus menambahkan wahana seperti kolam pemancingan dan wisata persawahan. (ISP)

(marosfm news department)

Leave a Comment