Kepala Dinas Perpustakaan dan  Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan, Moh Hasan Sijaya mengukuhkan Ulfiah Nur Yusuf Chaidir sebagai Bunda Baca Kabupaten Maros di Ruang Pola Kantor Bupati Maros, Senin 10 Januari 2022.

Dalam sambutannya, Moh Hasan Sijaya mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi gerakan literasi yang ada di Kabupaten Maros.

Ia berharap, dengan dikukuhkannya Bunda Baca, dapat membantu mensosialisasikan aksi gemar membaca kepada penggiat literasi. Mulai dari tingkat RT, RW, hingga Kecamatan dengan meningkatkan minat baca yang baik.

Selain itu menurutnya,  ibu adalah sumber informasi pertama bagi anak, Bunda Baca bisa mulai dengan merangkul para ibu untuk sejak dini mengajarkan pentingnya literasi bagi anak.

Kedepan, ungkap Moh Hasan, Maros akan menjadi role model Kabupaten Literasi bagi kabupaten lain yang ada di Sulsel. Dengan demikian, tahun 2023 akan dibangun suatu gedung baru yang dapat memuaskan minat baca masyarakat.

Lebih lanjut dikatakan Hasan, Setiap perpustakaan akan dilakukan pembenahan fisik, juga akan dilakukan penambahan koleksi buku yang dapat memuaskan para pustakawan. Sebab, kemajuan suatu Daerah terlihat dari kebesaran dan kaindahan ruang layanan perpustakaannya.

Sementara itu, Bupati Maros, Chaidir Syam mengatakan, role model Kabupaten Literasi ini akan menjadi tantangan baru. Terbukti juga dengan ditemukannya situs-situs sejarah yang menunjukan Literras di Maros sudah ada sedari dulu.

Chaidir juga memberikan arahan setiap ruang tamu Kantor Dinas disediakan rak buku. Untuk wilayah Camba, Cenrana, dan Mallawa juga akan dibangunkan perpustakaan.

Diakhir kegiatan, dilakukan pemberian penghargaan kepada Andi Muhammad Irfan, Haeriah Rahman, Bachtiar Adnan Kusuma, Andi Rijal Abdullah, Muhammad Nurjaya, Alimuddin Assagaf, Lory Hendrajaya, Muh Taufiqurahman sebagai Tokoh Literasi Kabupaten Maros.

Penghargaan juga diberikan kepada Perpustakaan Desa Pajukukang, Perpustakaan Desa Bonto Tallasa, Perpustakaan Desa Salenrang sebagai Perpustakaan Desa Transformasi terbaik. (ISP)

(marosfm news department)

Leave a Comment