Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Maros yang juga sebagai Bunda Baca Maros, Hj. Ulfiah Nur Yusuf terus mendorong upaya gerakan literasi terutama gemar membaca sampai di lingkungan keluarga.

Hal itu ia sampaikan saat melakukan kunjungan studi di Ruang Baca Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Prov. Sulsel, Jl. Sultan Alauddin Makassar, kamis (20/01/2022).

Bunda Baca yang beberapa waktu lalu dilantik ini mengajak masyarakat agar mempunyai perpustakaan keluarga sebagai sumber informasi yang edukatif berisi bahan- bahan bacaan yang dibutuhkan anggota keluarga.

Selain mendorong perpustakaan keluarga, ia juga mengaku akan melakukan koordinasi bersama pemerintah terkait proses pembangunan perpustakaan yang akan hadir hingga pelosok-pelosok Kelurahan dan Desa  hingga lorong di wilayah Kab. Maros.

Usai berkunjung ke Ruang Baca Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Prov. Sulsel, Bunda Baca Kabupaten Maros yang didampingi Sekretaris TP PKK Maros, Fitriani S.Pd, Penggiat Literasi, Bahtiar Adnan Kusuma bersama rombongan melanjutkan kunjungannya ke Layanan Perpustakaan Ibu dan Anak Prov Sulsel, Jl. Lanto Dg Pasewang Makassar.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kab. Maros, Amiluddin A.S.Pd yang juga ikut dalam studi itu menjelaskan siap berkolaborasi bersama pihak manapun yang memiliki visi misi yang sama dalam menggiatkan gerakan literasi di Kabupaten Maros.

Ia mengungkapkan saat ini perpustakaan bukan lagi hanya sekedar tempat baca tetapi juga berperan memfasilitasi masyarakat untuk mengembangkan potensi yang dimiliki sehingga transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial juga ikut berperan meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat pengguna perpustakaan.

Sekedar diketahui, Pemerintah Kabupaten Maros saat ini terus mengembangkan program perpustakaan salah satunya bekerjasama Bunda Baca Kabupaten.

Hingga saat ini terdapat sekitar 115 titik Perpustakaan mulai dari desa, kelurahan hingga komunitas yang sudah ada di 14 Kecamatan di Kabupaten Maros namun perlu terus mendorong minat masyarakat berkunjung ke Perpustakaan itu. (marosfm news department)

Leave a Comment