Pengurus Forum Silaturahim Keraton Nusantara (FSKN) melakukan kunjungan ke Kabupaten Maros, kamis (20/01/2022).

Pengurus yang terdiri dari Sultan dan Raja serta pemangku adat seperti Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat bersama pengurus disambut langsung Bupati Maros, Chaidir Syam didampingi Ketua FSKN, Karaeng Turikale Ke-8, Brigjen Polisi (Purn) Andi Achmad Aflus Mapparessa.

Chaidir Syam dalam pertemuan di rumah jabatan Bupati, menyampaikan komitmennya dalam pelestarian budaya dan adat istiadat di Kabupaten Maros.

Menurutnya, hal ini menjadi bagian penting dalam program pemerintah saat ini sebagai tekad untuk bersatu menjaga dan mengembangkan nilai-nilai kearifan lokal warisan leluhur.

Ia juga memaparkan berbagai potensi dan kekayaan budaya yang dimiliki Kabupaten Maros misalnya berbagai acara tradisi yang hingga saat ini masih dipertahankan di berbagai kecamatan misalnya upacara pesta panen dan lain-lain.

Ia pun mengaku terus memberikan dukungan pada lembaga-lembaga adat serta lembaga seni budaya termasuk berbagai kegiatan kesenian.

Ketua DPD Pan Maros Itu juga memaparkan berbagai potensi kekayaan budaya yang dimiliki Kabupaten Maros misalnya sebagai tempat penemuan berbagai peninggalan jejak purbakala seperti gambar, perhiasan dan kerangka purba.

Sementara  Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat menyampaikan terima kasih atas perhatian Bupati Maros dalam pelestarian budaya serta berharap terus bersinergi bersama FSKN.

Dalam kunjungannya, rombongan pengurus FSKN yang terdiri dari raja-raja dan kesultanan ini juga menikmati panorama keindahan desa wisata Rammang-Rammang dan KWA Bantimurung. (Marosfm news department)

Leave a Comment