Petani Kopi di Kecamatan Mallawa kini bisa bernafas lega. Khususnya di Desa Bentenge, Wakil Bupati Maros, Hj. Suhartina Bohari berkunjung meninjau aktivitas petani kopi, pada Rabu pagi, 15 Desember 2021.

Hj. Suhartina Bohari optimis kopi Bentenge Mallawa bisa go internasional karena memiliki kualitas dan mutu yang baik.

Meskipun ia mengakui, perlu keterlibatan dan perhatian pemerintah  dengan pemberian bantuan dan pendampingan untuk  mendorong peningkatan kualitas kopi Bentenge Mallawa.

Hj Tina, sapaan akrab Wabup Maros itu mengungkapkan, bantuan dan pendampingan Pemerintah dan pihak lain seperti Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (Babul), akademisi dan pendamping akan melibatkan diri mulai pemilihan benih kopi, proses tanam, pengolahan hingga kemasan sehingga layak untuk menjadi komoditi ekspor.

Selain itu, ia memaparkan strategi lainnya yakni dengan membentuk wadah atau asosiasi sebagai tempat berkumpul dan bertukar pikiran para kelompok tani kopi. Wadah tersebut juga bertujuan mempermudah akses dan jalur bantuan dari Pemerintah.

Ia pun menitip pesan untuk Camat Mallawa agar tetap kompak bersama  pemerintah, desa dan kelurahan serta masyarakat Mallawa guna mendorong pengembangan komoditi kopi ini.

Ia menargetkan tahun depan, Kopi Bentenge Mallawa akan menjadi salah satu komoditi ekspor yang bisa dibanggakan di Kabupaten Maros.

Selain petani kopi, Wabup Perempuan Pertama di Maros itu juga mengunjungi petani jahe di desa Barugae Mallawa.

(marosfm news department)

1 Comment

  • Posted 16/12/2021 08:31 0Likes
    ibhet

    Semoga Maros kedepan lebih terkenal di mata Dunia

Leave a Comment