Pemerintah kabupaten Maros melalu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) memastikan sejumlah tempat wisata di wilayahnya tetap buka saat momentum tahun baru 2022.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Disbudpar Maros Ferdiansyah Kamis, 30 Desember 2021 saat ditemui diruangannya.

Ferdiansyah mengatakan, dirinya tetap membuka beberapa tempat wisata dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Namun, syarat buka tempat wisata dengan pembatasan kapasitas 50 persen dan pengunjung wajib menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19.

Beberapa objek wisata yang tetap buka pada libur tahun baru yaitu Kawasan Wisata Alam (KWA) Bantimurung, Rammang-rammang dan Leang-leang. Khusus Taman Wisata Purbakala Leang-leang kata Ferdy akan mulai dibuka pada tanggal 1 Januari 2022 mendatang.

Sebelumnya, Taman Prasejarah Leang-leang tutup selama pandemi sekitar dua tahun. Rencananya mulai 1 Januari 2022 mendatang sudah akan dibuka lagi untuk umum tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan seperti objek-objek wisata lainnya.

Ferdy menambahkan, tetap dibukanya objek wisata ini dilakukan agar perekonomian masyarakat tetap stabil apalagi ekonomi sudah mulai bangkit kembali dimasa pandemi ini.

Untuk Libur tahun baru 1 Januari mendatang Disbudpar menargetkan pengunjung Bantimurung 5 ribu orang. Sedangkan kapasitas Bantimurung bisa mencapai 15 ribu orang.

Ia berharap, dengan dibukanya objek wisata, target Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) bisa tercapai karena melihat pengunjung dimasa libur natal dan tahun baru sangat tinggi.

Selain itu juga, demi terciptanya keamanan bersama, pihak Pengelola KWA Bantimurung tentunya menyiapkan beberapa personil gabungan disekitar lokasi dengan personil sebanyak 20 yang tergabung dalam BASARNAS, BPBD, Koramil dan kepolisian. (*)

(marosfm news department)

Leave a Comment