Kabupaten Maros mendapatkan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Kategori Kabupaten Cukup Informatif tahun 2021.

Selain penghargaan tingkat Kabupaten, dalam helatan sekali setahun yang diberikan Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan itu, Desa Bonto Tallasa juga mendapatkan award sebagai Desa Cukup Informatif Kategori Desa.

Penyerahan Award diserahkan Sekertaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulsel, Abdul Hayat Gani didampingi Ketua KIP Sulsel, Pahir Halim dan diterima Bupati Maros, Chaidir Syam bersama Kepala Desa Bonto Tallasa di Hotel The Rinra Makassar, Rabu (15/12/2021).

Dalam acara itu, selain Chaidir Syam juga hadir Kadis Kominfo Maros, Agustam.

Abdul Hayat Gani mengatakan, Penghargaan  ini bukan tujuan utama namun yang utama yakni motivasi kedepan agar OPD, Desa dan  Kabupaten/Kota bisa lebih maksimal lagi dalam persoalan keterbukaan informasi publik.

Menurutnya, ada dua hal penting yang harus terus ditingkatkan yakni menyerap Informasi masyarakat dan memberikan informasi yang sehat.

Sementara, Chaidir Syam mengatakan ada 9 kabupaten dan kota di Sulsel yang meraih penghargaan predikat cukup Informatif ini dan Maros salah satunya.

Menurutnya indikatornya pun cukup jelas diantaranya  terkait Pengembangan website, pengumuman informasi publik dan pelayanan informasi Publik.

Terkait Prestasi Desa Bonto Tallasa, ia berharap seluruh desa di Maros bisa mencontoh inovasi terkait keterbukaan informasi publik yang dilakukan Desa ini karena kondisi era digital saat ini butuh penyelarasan dan kita tidak boleh ketinggalan dari laju kemajuan yang ada.

Sebelumnya, Bupati Maros, Chaidir Syam telah memaparkan terkait inovasi yang dilakukan dalam keterbukaan informasi publik di Maros di hadapan tim juri, yang akhirnya mengantar Maros meraih award tersebut. (Marosfm news department)

Leave a Comment