Pemerintah Kabupaten Maros melakukan Kampanye Gerakan Hidup Bersih Dan Sehat (GERMAS) dimasa Pandemi Covid-19.

Kegiatan kampanye itu dilakukan Bupati Maros, Chaidir Syam dan dihadiri berbagai unsur mulai Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, TP PKK, Tenaga kesehatan hingga Organisasi Perangkat Daerah lintas sektor, di lapangan Pallantikang Kantor Bupati Maros, Jumat 3 Desember 2021.

Bupati menyampaikan, Sukses tidaknya penerapan Germas di Maros sangat membutuhkan dukungan dan komitmen lintas sektor. Bukan hanya Dinas Kesehatan tapi juga beberapa perangkat daerah lainnya sehingga sangat penting untuk memperkuat kerjasama lintas sektor ini.

Untuk itu, Bupati menjelaskan secara teknis nantinya para Kepala OPD akan disebar ke berbagai kecamatan dalam selain untuk kampanye Germas, juga dalam rangka percepatan target Vaksin di wilayah yang masih kurang capaian vaksinnya.

Ia memaparkan, ada 7 langkah penting dalam Gerakan Masyarakat Hidup Bersih Dan Sehat (GERMAS), Antara lain, melakukan aktifitas fisik, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, melakukan cek kesehatan berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban.

Menurutnya, hal ini penting untuk menjaga masyarakat tetap sehat, produktif, lingkungan menjadi bersih dan beban pembiayaan kesehatan berkurang.

Dalam kegiatan itu, juga dilakukan Penandatanganan dukungan lintas sektor dalam Rangka penerapan Gerakan Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat (Germas) Kabupaten Maros.

(marosfm news department)

Leave a Comment