Pemerintah Kabupaten Maros menggelar Pertemuan koordinasi Lintas Sektor Pencegahan dan Pengendalian Covid 19.

Hal itu dilakukan dalam memacu target vaksinasi dalam mengantisipasi beberapa momen penting di akhir tahun seperti Hari Raya Natal dan pergantian Tahun.

Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Maros, Chaidir Syam dihadiri Sekda Maros, Plt Kadis Kesehatan, Camat se-Kabupaten Maros, pihak TNI, Polri dan Rumah sakit, Rabu 1 Desember 2021 di hotel Dalton Makassar.

Chaidir Syam menyampaikan saat ini cakupan vaksinasi harus terus digencarkan. Berbagai pola harus terus dijalankan agar memberikan penyadaran dan semangat ke masyarakat.

Ia meminta agar aparat desa hingga dusun harus bergerak memberikan penyadaran terkait pentingnya ikhtiar dalam memutus penyebaran covid ini yakni dengan mengikuti vaksinasi.

Ia pun menegaskan, dalam rapat koordinasi ini agar semua pihak menyampaikan terkait kendala dilapangan dan formula yang harus dijalankan demi mempercepat target vaksinasi.

Ia pun  mengaku akan mengevaluasi secara khusus bagi kelurahan atau desa terendah cakupannya agar bisa dicari solusi yang baik dalam menggerakkan masyarakat menuju tempat vaksinasi.

Sementara Plt. Kadis Kesehatan, Muh. Yunus melaporkan untuk saat ini stok vaksin dan APD di Maros, persediaan masih dalam kondisi aman.

Untuk cakupan vaksinasi hingga akhir November ini di Maros, untuk Dosis satu sebanyak 116.126 atau 38,79% dan dosis dua 74.063 atau 24,74%.

Sementara, cakupan tertinggi ada di Desa Mattampapole Mallawa 93,40% disusul Kelurahan Sabila Mallawa 64,57%, dan Ketiga tertinggi yakni desa Bonto Bunga Moncongloe 63,53%.

Sementara untuk cakupan terendah yakni di Desa Kurusumange Tanralili 5,89%, Kelurahan Pallantikang Maros Baru 7,54% dan Desa Bontosomba Tompobulu 7,63%.

Muh. Yunus berharap, meskipun saat ini Maros sudah zero kasus namun masyarakat tetap diminta untuk terus memperhatikan protokol kesehatan dan tidak lalai sehingga pandemi bisa secepatnya berlalu.

(marosfm news department)

Leave a Comment