Kepolisian Resor Maros menggelar kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Tahun 2021.

Bupati Maros Chaidir Syam memimpin apel gelar Pasukan, yang diikuti unsur Forkopimda Kabupaten Maros, TNI dan Polri dilapangan Apel Mapolres Maros, Kamis, (23/12/2021).

Dalam sambutan Kapolri yang dibacakan Bupati Maros, Kepala Kepolisian Republik Indonesia  Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo  menyampaikan bahwa, Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir bentuk kesiapan pelaksanaan operasi lilin 2021 dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru tahun 2022 baik pada aspek Personil  maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemerintah Daerah dan  Mitra Kantibmas lainnya.

Jendral Listyo melanjutkan, Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata yang akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian,  peningkatan aktivitas masyarakat.

“ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan lantas dan pelanggaran protokol  kesehatan covid-19.” Ungkap Jenderal Listyo.

Oleh karena itu, lanjutnya, Kepolisian Republik Indonesia mengadakan operasi lilin yang dilaksanakan selama 10 hari, mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022 dengan mengedepankan kegiatan promotive dan preventive serta humanis serta penegakan hukum secara tegas dan profesional tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19 sehingga masyarakat merayakan Natal dan tahun baru dengan rasa aman dan nyaman.

Dalam Operasi Lilin tahun 2021, sejumlah langkah -langkah telah dipersiapkan guna mendukung berhasilnya kegiatan ini, baik dari sudut perencanaan, aksi serta penindakan, sarana dan prasarana yang dianggap vital  bahkan melibatkan sejumlah aparat.

“Dalam pelaksanaan  pengamanan Natal dan tahun baru Kepolisian Republik Indonesia telah mempersiapkan puluhan ribu 83.917 personil Polri serta 15. 842 personil TNI serta 55.086 personil intstansi terkait  lainnya .personil tersebut akan ditempatkan pada 1607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan Kamtibmas dan kanseltib lantas  dan 675 pos pelayanan Untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian pusat belanja Stasiun Terminal bandara, pelabuhan dan lain-lain” ungkap Jenderal Listyo

Diakhir sambutan Jenderal Listyo menyampaikan, penerapan kesehatan mencegah penyebaran covid-19 yaitu mencuci tangan memakai masker menjaga jarak serta menerapkan pola  hidup sehat dan bersih tetpa menjadi poin utama.

“Semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan akan menjadi catatan  amal ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa sekecil apapun peran yang diberikan kepadamu itu akan memberikan catatan sejarah bagi perjalanan hidupmu yang suatu saat bisa kamu torehkan  dan ceritakan  kepada anak cucumu kelak” tutup Jenderal Listyo

Leave a Comment