Sejumlah anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maros mengikuti Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana di Baruga B Kantor Bupati Maros pada Senin, 18 Oktober 2021.

Kegiatan tersebut diikuti setidaknya 70 peserta  yang terdiri dari anggota Badan SAR Nasional Makassar, Palang Merah Indonesia (PMI) Maros, Peduli Pramuka, Karang Taruna, Jaringan Pendamping Kebijakan dan Pembangunan (JPKP) dan tentunya seluruh Satgas BPBD Maros.

Dalam sambutannya, Ketua Panita Kegiatan Nasrul mengatakan, Kegiatan ini nantinya dilaksanakan mulai tanggal 18 hingga 19 November 2021. Hari pertama memperkuat materi dan di hari kedua langsung berlatih di lapangan. Dan untuk praktek lapangan akan berlangsung di Desa Samangki Kecamatan Simbang Maros.

Sementara itu, Wabup Maros Suhartina Bohari sekaligus membuka acara mengatakan, Dengan melalui kegiatan diharapkan dapat menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang kebencanaan yang tangguh dan dapat bereaksi cepat sesuai Prosedur Operasi Standar atau Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan.

Menurut Politikus Partai Golkar ini juga berpesan kepada seluruh peserta sebagai khususnya relawan, Ini merupakan panggilan hati  terkait  bencana yang akan terjadi, maka dari itu segala tenaga dan pikiran yang disumbangkan bukanlah keterpaksaan namun harus ikhlas dalam membantu sesama.

Adapun pematiri yang dihadirkan dari BPBD Provinsi terkait Mitigasi bencana, Materi Komunikasi Organisasi yang dibawakan oleh Lory Hendradjaya, dan Materi Pertolongan Pertama dari Basarnas Makassar.

(marosfm news department)

Leave a Comment