Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Maros menggelar giat Penimbangan dan Imunisasi Balita tingkat kelurahan raya di Poskesdes Talamangape Kecamatan Turikale Kabupaten Maros, Jum’at 15 Oktober 2021.

Kegiatan tersebut dibuka Ketua TP-PKK Maros Hj. Ulfiah Nur Yusuf Chaidir dan dihadiri Camat Turikale, Zulkifli Riswan, Ketua TP-PKK Kecamatan Turikale, A. Tamara Sari, Lurah Raya, Wahyudi dan beberapa pengurus PKK Kabupaten dan Kelurahan.

Hj. Ulfiah menyampaikan, rasa terima kasihnya karena para orang tua dan anak dapat hadir dalam program Imuniasi Balita ini.

Dihadapan 15 orang peserta, Istri Bupati Maros ini juga menyampaikan, Kegiatan Imunisasi dan Penimbangan secara rutin di posyandu ini untuk pemantauan pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita yang nantinya akan dicatat di Kartu Menuju Sehat (KMS)

Menurutnya, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik, maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula, serta imunisasi yang harus terus dilaksanakan sehingga penyakit polio dan lainnya tidak dapat menjangkiti anak dan usia balita hingga dewasa.

Tak lupa juga dalam hal penanggulangan dan pencegahan Stunting di wilayah kabupaten maros ini sehingga generasi penerus dari anak dapat tumbuh menjadi anak yang cerdas, sehat dan tentunya lebih keren.

Ia berharap, guna meningkatkan partisipasi masyarakat dan menyukseskan bulan timbang dan imunisasi maka perlu adanya dukungan, kepedulian dan peran serta para stakeholder PKK ditingkat Kecamatan dan Kelurahan dan Desa serta kader.

Dalam kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pemberian bantuan kepada para orang tua anak yang diimunisasi.

Sekedar diketahui, Posyandu adalah jenis pelayanan kepada anak berupa penimbangan untuk memantau pertumbuhan anak yang dimana bermanfaat memberikan layanan Kesehatan Ibu dan Anak, Keluarga Berencana atau KB, Imunisasi, Gizi, dan Penanggulangan Diare.

(marosfm news department)

Leave a Comment