Bupati Maros, Chaidir Syam mengikuti memantau langsung panen perdana padi organik yang ditanam dengan penerapan paket teknologi Biota di kelurahan Bontoa Kecamatan Bontoa, pada Senin siang.

Panen yang dilakukan di lahan seluas 35 are ini dikembangkan oleh Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) oleh Nijalling Alam Makmur.

Ketua P4S Nijalling, Idris mengatakan, Padi organik itu merupakan hasil tanam tanpa menggunakan bahan kimia sehingga sangat aman bagi kesehatan.

Menurut Idris, Padi berkualitas dari hasil panen ini diharapkan bisa mendapat pasar tersendiri karena kualitasnya yang berbeda dari padi pada umumnya.

Ia menjelaskan, padi organik ini betul-betul zero bahan kimia sehingga sangat aman bagi kesehatan. P4S diharapkan dapat berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui sumber daya manusia pertanian.

Ia pun juga berharap, pemerintah ikut memberikan perhatian terhadap P4S yang bergerak secara swadaya sehingga dapat berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui sumber daya manusia pertanian di Kabupaten Maros.

Sementara itu, Bupati Maros terlihat sangat senang dengan panen perdana padi organik yang dilakukan di Bontoa itu.

Chaidir berharap agar P4S bisa bersinergi dengan pemerintah dalam hal ini dinas pertanian sehingga selain mengembangkan padi organik, juga bisa memaksimalkan peningkatan kapasitas SDM petani di Maros.

Adapun P4S sendiri merupakan lembaga pelatihan pertanian dan pedesaan yang dimiliki atau dikelola petani secara swadaya baik perorangan maupun berkelompok.

(marosfm news department)

Leave a Comment