Pemerintah kabupaten (Pemkab) Maros menggelar job fit atau mengocok ulang posisi jabatan eselon II atau setingkat kepala dinas, badan, kantor, asisten dan staf ahli.

Job fit tersebut digelar di Kantor UPT Penilaian Potensi dan Kompetensi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulsel dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Maros Hj Suhartina Bohari pada Minggu kemarin.

Job Fit ini merupakan penialain potensi dan kompetensi atau pemetaan pejabat pimpinan tinggi pratama lingkup Pemkab Maros dengan menempatkan pejabat setingkat eselon II ditempat yang sesuai dengan kompetensi dan kemampuannya.

Suhartina Bohari menjelaskan, dilaksanakannya job fit ini merupakan penerapan manajemen ASN yang transparan, kompetitif, dan berbasis merit. Job fit ini juga dilakukan menyusul adanya perampingan dari struktur perangkat daerah di Maros yang kini berjumlah 26 perangkat daerah saja dari sebelumnya sebanyak 35 perangkat daerah.

Dikatakannya, Untuk penempatan ulang posisi jabatan eselon II tentu Pihaknya harus melakukan pemetaan dan penilaian secara profesional dan proporsional sehingga Pemkab Maros kelak menempatkan pejabat sesuai dengan kompetensi dan kemampuannya, right man in the right place.

Selain Hati Sapaan Akrabnya menjelaskan, merujuk pada peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen PNS penilaian potensi dan kompetensi dilakukan apabila pejabat tersebut telah menduduki jabatan paling singkat dua tahun dan paling lama 5 tahun.

Sementara itu, Kepala Bidang pengembangan karir pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Hj Muslimah Mustafa mengatakan, job fit ini melibatkan tim penilai terdiri dari 7 orang yakni Sekretaris Daerah, kepala perwakilan BPKP, kepala BKD Provinsi dan akademisi empat orang. Empat hal yang menjadi dasar penilaian yakni kompetensi teknis, kompetensi manajerial, sosial kultural dan kompetensi pemerintahan.

Job fit berlangsung selama tiga hari, yang dibuka pada Sabtu (17/7/2021) dan dilanjutkan lagi pada tanggal 22 dan 23 Juli mendatang. Didalam job fit tersebut meliputi sesi wawancara, assesment dengan tim assesor.

Selain itu, Sebanyak 27 pejabat eselon II dari total 27 pejabat yang mengikuti job fit ini. Sebelum melaksanakan job fit, pejabat wajib mengisi formulir untuk memilih tiga posisi jabatan yang diinginkan. (marosfm news department)

Leave a Comment