NEWS

Sunday, 9 May 2021

Wujudkan Program 100 Hari, Bupati Maros Luncurkan Pelayanan KTP di Kecamatan

Dukung program 100 hari kerja Bupati Maros terpilih,  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Maros meluncurkan pelayanan dokumen kependudukan di tingkat Kecamatan. Untuk tahap awal, kecamatan Cenrana dipilih membuka pelayanan. 

Peluncuran pelayanan dokumen kependudukan itu dihadiri langsung oleh Bupati Maros, Chaidir Syam bersama Kadisdukcapil Maros, Eldrin Saleh di kantor camat Cenrana, Kamis (6/5/2021).
Keterangan Gambar : Bupati Maros Chaidir Syam saat memantau proses pelayanan kependudukan di kantor Camat Cenrana Kabupaten Maros (dok.marosfm)

Chaidir  memantau langsung proses pelayanan mulai dari percetakan Kartu Keluarga (KK) hingga Kartu Tanda Penduduk (KTP). Ia pastikan, pelayanan di tingkat Kecamatan sama halnya dengan di Disdukcapi.

Ia juga menjelaskan, pelayanan di kecamatan Cenrana ini mencakup pelayanan dokumen kependudukan untuk tiga kecamatan, yakni Mallawa, Camba dan Cenrana. Menurutnya Jika tidak ada kendala dalam masaah jaringan, petugas mampu melayani 50 sampai 100 warga perhari. 

Ia berharap warga tidak harus lagi repot mengurus di kantor Disdukcapil. Terutama warga yang lokasinya jauh dari perkotaan seperti Mallawa dan Camba. 

Awalnya, kata Chaidir, pihaknya juga mengajukan pembukaan pelayanan di kecamatan Tanralili. Namun, pihak Kementrian hanya memberi kuota yang terbatas untuk di Cenrana saja. Khusus di Kecamatan Tanralili  rencananya mencover 3 kecamatan.

Sementara itu, Kadisdukcapil, Eldrin Saleh mengatakan, kendala yang ada saat ini masih terkait jaringan dari pusat. Sama seperti di kantor Disdukcapil, pelayanan di kecamatan masih kerap terganggu karena jaringan, khususnya bagian perekaman.

Lanjut menurut Eldrin, Permasalahan ini merupkan dari jaringan yang terpusat se Indonesia, Sehingga akses kadang terganggu. Lebih dari itu menurut Eldrin, Semua stekholder didalam disdukcapil akan lebih membenahi terkait pelayanan petugas pelayanan agar tetap maksimal. 

Selain mengunjungi pelayanan dokumen kependudukan di Cenrana, Bupati Maros juga sebelumnya berkunjung ke Camba, menyerahkan puluhan ribu ekor bibit nila yang dibagikan secara gratis ke warga yang memanfaatkan pekarangannya untuk budi daya ikan. (marosfm news department) 

Post a Comment

 
Copyright © 2014 102,3 Maros FM, Dari Maros Untuk Indonesia. Designed by Maros Enterprise.