NEWS

Sunday, 4 April 2021

Adanya Larangan Mudik 2021, Bandara Sulhas Waspadai Lonjakan Penumpang

Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar di Maros, tetap mempersiapkan diri menghadapi lonjakan penumpang saat hari raya Idul Fitri 2021. Lonjakan penumpang diperkirakan tetap terjadi meski pemerintah pusat telah melarang masyarakat untuk mudik.

Saat ditemui marosfm.com, Minggu (4/4/2021) Airport Duty Manager (ADM) Bandara Sultan Hasanuddin Makassar M. Dedy mengatakan, lonjakan pasca libur panjang kemarin diprediksi meningkat, dengan sama hal di tahun kemarin dimana pemerintah telah melarang untuk mudik namun dipastikan tetap adanya lonjakan penumpang.

Keterangan Gambar : Terminal Keberangkatan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar di Maros (dok.marosfm)

Menurut Dedy, khusnya di area terminal keberangkatan. Kenaikan maupun lonjakan itu memang ada, apa lagi setelah libur panjang pasca hari libur Paskha kemarin. Pihak Angkasa Pura dan seluruh stek holder utamanya KKP bekerja sama untuk mengevisienkan semua penumpang agar tidak bertumpuk atau menimbulkan keramean di area bandara.

Dedy juga menjelaskan selama pandemi Covid-19 lalu lintas pesawat ataupun penumpang mengalami kenaikan perharinya mencapai 30 persen pada pertengan Maret lalu. 

Prediksi traffic penumpang terhitung dari pertenghan bulan Maret perhari ada 30 persen. Memasuki bulan April itu tercatat ada 19.000 hingga 23.000 penumpang atau setara dengan 139 persen. Untuk pergerakan pesawat rata-rata 215 hingga 220 per harinya.

Mengantisipasi lonjakan tersebut, Pengelola bandara bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) telah menyiapkan beberapa fasilitas rapid antibody dan antigen yang dilengkapi barcode bagi para penumpang yang ingin berangkat.

Ini juga merupakan peningkatan dengan fasilitas barcode pada setiap hasil tes yang keluar guna menghindari adanya tumpukan dan kerumunan disekitar area bandara.

Selain itu, PT. Angkasa Pura I (Persero) nantinya akan menyiapkan Posko terpadu  untuk mengantisipasi pergerakan pesawat udara dan penumpang terutama menjelang dan setelah Hari Raya Idul Fitri 2021.(marosfm news department)

Post a comment

 
Copyright © 2014 102,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Maros Enterprise.