NEWS

Wednesday, 7 October 2020

UPTD Puskeswan Dan BPP Berikan Penyuluhan Pada Petani Dan Peternak Desa Borikamase

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Maros Melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskeswan dan UPTD Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Maros Baru, mengunjungi para peternak di Desa Borikamase guna memberikan penyuluhan tentang kesehatan hewan, Rabu (7/10/2020).


Petugas Puskeswan mengambil sampel feses sapi untuk di uji laboratorium (dok. Ist)


Abdi salah satu Penyuluh Pertanian Desa Borikamase mengatakan, kelompok petani dan peternak dikumpulkan untuk diberi motivasi dan penyuluhan tentang hal hal apa saja yang perlu kita perhatikan dalam rangka memperbaiki kualitas ternak. Ia juga mungkapkan penyulihan ini bertujuan agar para peternak lebih sejahtera.


Abdi melanjutkan, dirinya sangat berterima kasih kepada UPTD Puskeswan dan Tim, yang begitu tanggap dan cepat merespon panggilan kami untuk memberikan motivasi, penyuluhan dan layanan keswan kepada masyarakat Desa Borikamase.


Sementara itu koordinator UPTD Puskeswan drh. Ujistiani Abidin menyatakan, pada oenyuluhan kali ini UPTD Puskeswan juga bersama Mahasiswa PKL Peternakan Unhas yang juga memberikan contoh pemanfaatan pakan sekitar dengan pembuatan Silase pada sapi atau pakan tambahan agar masyarakat petani dn peternak tidak membuang atau membakar jerami setelah panen padi, tapi dapat dibuat pakan yang berkualitas untuk memperbaiki perkembangan ternak sapi.


Ujis melanjutkan, pihaknya juga mengajak dari tim BBvet Maros untuk mengambil sampel darah dan feses sapi yang ada di desa tersebut untuk uji laboratorium. Hal itu dilakukan untuk melihat bibit penyakit dan memberikan pencegahan nantinya.


Ujis menyatakan, teknologi itu hadir untuk memudahkan peternak dan mendapatkan hasil yang maksimal. Maka dari itu Ia berharap agar peternak bisa lebih berkembang dan bisa menerima teknologi baru untuk perkembangan ternak, agar kedepan bisa lebih sejahtera. (marosfm news department)



Post a comment

 
Copyright © 2014 102,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Maros Enterprise.