NEWS

Wednesday, 21 October 2020

Sambut Hari Lahir Ke-351 Sulsel, Sastrawan Asal Maros Luncurkan Hasil Karyanya

Dalam rangka menyambut Hari Lahir Provinsi Sulawesi Selatan yang ke-351 tahun, Sejumlah penulis buku asal Kabupaten Maros ikut meluncurkan dua buku sastranya. di Etik Studio Makassar pada Senin, (19/10/2020) lalu.


Pada peluncuran tersebut juga dalam rangka menyambut Bulan Bahasa dan Sastra tahun 2020 yang di gagas bersama Lembaga Pengembangan Kesenian dan Kebudayaan Sulawesi Selatan (LAPAKSS) dan Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Daerah Sulawesi Selatan.

Keterang Gambar : Peluncuran Buku Uniknya Rasa dan Lautan Puisi karya Sastrawan asal Kabupaten Maros (dok.marosfm)
Salah satu penulis Ima Fatimah dalam bukunya yang berjudul Uniknya Raya
mengatakan, inti dari makna buku yang di keluarkannya merupakan tulisan milik semua orang dan pengalaman serta rasa yang dimiliki setiap orang, dimana dalam sepersekian detik bisa menangis tapi di detik selanjutnya bisa saja dapat tertawa tanpa tahu dimana gradasi antara keduanya. 

Ima sangat bersyukur dan bahagia bukunya menjadi salah satu dari 40 karya sastra yang diluncurkan.

Ia merasa senang menjadi salah satu penulis, walau masih pemula tetapi sudah bisa sepanggung dengan para senior penulis Sulawesi Selatan.

Sementara itu buku kedua yang di gagas oleh Kepala Sekolah SDN 66 Kanjitongang A. Hikmawati yang berjudul Lautan Puisi tersebut berisi tentang antologi puisi yang di gagas oleh tenaga pendidikan di SDN tersebut. 

Ia sangat bangga atas pencapaiannya selama ini dan berharap akan menjadi pemacu untuk terus berkarya kedepannya.

Buku-buku ini juga di edit langsung oleh Ima Fatimah bersama Sastrawan dan Seniman Kabupaten Maros Lory Hendrajaya. 

Lory menjelaskan, Buku Uniknya Rasa yang penulisnya juga seorang guru SD 57 Bulu Bulu Maros ini diluncurkan dengan tebal buku 190 halaman terdiri dari 50 puisi, 30 cerpen tiga paragraf dan 30 kata kata baik sebagai akumulasi pengalaman kehidupannya. Sementara Lautan puisi memuat 160 puisi dari 20 guru SD kanjitongan yang masing-masing temanya bervariatif. 

Selain itu Lory juga mengungkapkan, bahwa bukti orang Maros punya kekuatan menulis yang hebat dan harus dibanggakan.

Ia berharap kedepan bukan hanya dua buku ini dan dua penulis, tapi akan lahir penulis penulis baru harapan Butta Salewangang.)

Dalam acara tersebut, ada pula 40 judul buku sastra lain yang diterbitkan dalam 2 tahun terakhir. Ragam buku yang diterbitkan  diantaranya sastra, antologi puisi, kumpulan cerpen, novel, kumpulan pentigraf, sastra daerah bugis makassar, dan masih banyak lainnya. (marosfm news department)

Post a comment

 
Copyright © 2014 102,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Maros Enterprise.