NEWS

Tuesday, 19 May 2020

Tim Gugus Covid-19 Maros Gelar Rapid Test Untuk Pedagang Pasar Tramo

Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Maros bekerjasama denga Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan (Kopumdag) Maros mengadakan Rapid Test Massal bagi ratusan pedagang yang ada di pasar Tradisional Modern (Tramo), yang berada di Kecamatan Turikale Kabupaten Maros, Selasa (19/5/2020).

Petugas kesehatan sedang mengambil sampel darah salah satu pedagang untuk di Rapid Test (dok. marosfm) 

Kepala Dinas Kopumdag Maros Kamaluddin Nur mengatakan, Rapid Test para pedagang ini dimaksudkan untuk mendeteksi kemungkinan adanya pedagang di Pasar Tramo yang reaktif terhadap virus Covid-19.


Kamaluddin juga mengungkapkan berdasarkan data UPTD Pasar Dinas Kopumdag Maros di Pasar Tramo ini, kurang lebih ada 1200 pedagang, namun ditargetkan 800 pedaga aktif yang mengukiti rapid tersebut.


Semnatara itu, Erniwati, kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Maros mengatakan hanya 164 orang yang mengikutinya. Dari 164 pedangan yang mengikuti tes tersebut ditemukan 9 orang yang reaktif terhadap Covid-19.


Ia mngungkapkan banyak pedagang yang meninggalkan kiosnya saat petugas datang, beberapa diantaranya juga menolak dengan alasan sedang sibuk meadeni pelanggan.


Hasil Rapid Test ini selanjutnya akan dilaporkan kepada Kepala dinas terkait dan teruskan kepada Buapati Maros Hatta Rahman. Selanjutnya pedagang yang terdeteksi reaktif dianjurkan untuk pulang dan mengisolasi diri untuk sementara sambil menunggu keputusan Swab Test. Merka juga diberi opsi untuk melakukan isolasi mandiri di Hotel. (marosfm news department) 

Post a comment

 
Copyright © 2014 102,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Maros Enterprise.