NEWS

Thursday, 10 October 2019

Forum PUSPA Maros Terbentuk, Siap Bersinergi untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Provinsi Sulawesi Selantan menggelar pelatihan Pengarusutamaan Gender (PUG), Pemberdayaan Perempuan dan Pemenuhan Hak Anak (PUHA) bagi anggota Forum Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA).

Pelatihan tersebut diadakan di Ballroom Gardenia Hotel Best Western Makassar Jalan Bontolempangan berlangsung selama 2 (dua) hari mulai dari tanggal 9 Oktober hingga 10 Okteber 2019. Adapun para Peserta diantaranya Anggota Forum PUSPA dari 10 Kabupaten/Kota se Sulawesi Selatan, termasuk Kabupaten Maros.

Kepengurusan Forum PUSPA Maros terbentuk berdasarkan Surat Keputusan Bupati Maros Nomor : 1457/Kpts/226/VII/2019, tanggal 15 Juli 2019 Tentang Susunan Forum  Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) Kabupaten Maros.
Keterangan Gambar : Forum PUSPA Maros saat menggelar Pelatihan PUG dan PUHA di Ballroom Gardenia Hotel Best Western Makassa (dok.marosfm)
Kabid Partisipasi Profesi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Silvianti Anggraini mengatakan, Hadir sebagai Narasumber pada pelatihan PUG dan PUHA demi meningkatkan kapasitas dari anggota PUSPA di Provinsi maupun di Kabupaten/Kota.

Silvi menjelaskan, Puspa sebagai partisipasi publik untuk kesejahteraan perempuan dan anak dipandang perlu karena kami dari kementrian tidak dapat bekerja sendiri maupun dari Dinas Pemerintah Kabupaten/Kota demi menuntaskan permasalahan -permasalahan yang terjadi dalamnya, maka dari itu kami mengajak seluruh elemen seperti dalam forum ini ada unsur pemerintahan, Perbankan, masyarakat, tokoh agama, LSM, dunia usaha dan media. Kolaborasi tersebut sangat kita butuhkan sebagai ajang menggalang partisipasi dan komitmen bersama untuk peduli terhadap hak - hak anak dan perempuan.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Provinsi Sulawesi Selatan Askari mengatakan, Tujuan utama dilaksanakan kegiatan ini ada mengajak seluruh komponen masyarakat di Sulawesi Selatan untuk bersinergi menjalankan program Three Ends. Program Three Ends menyuarakan tiga hal yakni menghentikan kekerasan pada perempuan dan anak, menghentikan perdagangan manusia, dan memberikan keadilan akses terhadap ekonomi bagi perempuan.

Askari melanjutkan, Untuk itu dibutuhkan partisipasi yang melibatkan berbagai unsur sebagai upaya pencegahan. Sebagai upaya pencegahan kita harus melibatkan semua pihak.

Sekedar diketahui, Forum PUSPA Maros diketuai oleh Rektor Universitas Muslim Maros, Prof. Nurul Ilmi Idrus. Hadirnya PUSPA Maros sebagai wadah bersama dari berbagai komponen berharap tercipta peran dan partisipasi masyarakat untuk lebih terlibat dalam kesejahteraan perempuan dan anak, termasuk pencegahan kasus-kasus yang terjadi pada perempuan dan anak.

Ketua Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan (KerLiP) Bagus Dibyo Sumantri juga sangat mengapresiasi inisiatif dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Maros atas terbentuknya Forum PUSPA Maros.

Sekertaris PUSPA Maros ini juga berharap pihaknya semua dapat mengambil peran baik masyarakat untuk terlibat pada pendidikan, pencegahan berbagai masalah dan mendorong kesejahteraan pada perempuan dan anak bisa terwujud dengan sinergitas dengan pemerintah. (marosfm news department).

Post a Comment

 
Copyright © 2014 102,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Maros Enterprise.