NEWS

Sunday, 29 September 2019

World Rabies Day, Balai Pertanian Dan Dinkes Maros Beri Vaksin Gratis

World Rabies Day atau Hari Anti Rabies Sedunia, Balai Karantina Pertanian Maros Berikan Vaksin Gratis untuk Kucing dan Anjing.

Dalam merayakan hari Rabies Sedunia yang jatuh pada tanggal 28 September kemarin, Balai Karantina Pertanian beserta Dinas Kesehatan Kabupaten Maros mengaadakan vaksinasi gratis untuk anjing dan kucing di Hutan Kota Maros, Minggu (29/9/2019).

Tujuan pemberian vaksinasi gratis ini untuk membangun kesadaran masyarakat bahwa Rabies dapat dicegah penyebarannya antar daerah dan antar pulau serta dapat dicegah penularannya secara signifikan melalui penerapan vaksinasi yang disiplin dan berkelanjutan di daerah asal.

Kabid Pelayanan Veteriner Kabupaten Maros, Drh. Muflihana mengatakan, pemberian vaksin rabies gratis ini juga dalam rangka memperingati Hari Rabies Seduinia yang diperingati setiap bulan September.

Kata Muflihana, pemberian vaksin rabies pada hewan peliharaan kucing dan anjing harus memenuhi syarat, seperti tidak dalam keadaan demam atau sakit,bunting (hamil) dan sebagainya. Selain itu katanya, hewan peliharaan minimal berusia enam bulan untuk kucing dan tiga bulan untuk anjing.

Melalui kegiatan tersebut, pemerintah kabupaten Maros berharap tidak hanya bebas dari rabies, namun juga meningkatkan kesadaran masyarakat yang memiliki hewan peliharaan untuk memberikan vaksin.

Sementara itu Kadis Kesehatan Maros  Dr. Hj. Maryam Haba mengatakan, mengingat kasus rabies di  2018 ada 1 kasus dan di tahun 2019 ini belum terdapat adanya kasus maka dari itu dilaksanakannya vaksinasi hewan peliharaan setiap tahun. Kata Maryam, Jika ada yang terkena dampak rabies segera bawa ke puskesmas terdekat di daerah anda karena di puskesmas telah disiapkan vaksin.

Maryam berharap, dengan adanya vaksin tersebut Melalui kegiatan ini, diharapkan cakupan vaksinasi Rabies yang menghasilkan tingkat kekebalan memadai di Kabupaten Maros  dapat didorong pencapaiannya, sehingga Hewan Penular Rabies dapat diyakini status kesehatannya. (marosfm news department)

Post a Comment

 
Copyright © 2014 102,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Maros Enterprise.