NEWS

Saturday, 7 September 2019

APEX Pusat Apresiasi Kinerja Bandara Sultan Hasanuddin.

Dalam rangka kelanjutan program Airport Excellence (APEX) in Security di Bandara.Tim dari Airport Council International (ACI) World hadir di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pada Jum'at (6/9/2019).

Kegiatan ini dilakukan untuk meninjau sistem keamanan setelah diberikannya rekomendasi-rekomendasi pada progam Airport Excellence (APEX) in Security pada tahun 2017 lalu.

Seperti yang diketahui, ACI adalah satu - satunya perwakilan dagang global bandar udara di dunia berdiri tahun 1991. Berpusat di Kanada, ACI menjadi organisasi dunia yang membantu menyediakan informasi dan kebijakan yang dianjurkan untuk bandar udara dan membantu mengembangkan standar bandar udara. ACI juga membantu mempromosikan bandara - bandara internasional ke dunia.
Keterangan Gambar : Tim APEX In Security Follow Up Review
Sultan Hasanuddin Internasional Airport of Makassar di Maros.(dok.ist)
General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Wahyudi mengatakan, ACI World mendelegasikan 2 orang tim yaitu Gary S Bowden selaku Security & Emergency Manager ACI World dan Maria Alexandra Gentil selaku Consultant Security ACI World, untuk meninjau ulang sistem keamanan bandara berdasarkan catatan yang didapat dari pelaksanaan penilaian Program APEX in Security tahun 2017.
Lanjut Wahyudi menjelaskan, Peninjauan ulang sistem keamanan bandara ini berlangsung pada 5 – 6 September 2019. Tim ACI World didampingi oleh manajemen dan staff aviation security (Avsec) Bandara Internasional Sultan Hasanuddin melihat sistem kinerja sistem keamanan mulai dari area sisi darat, terminal dan sisi udara. Ada 3 aspek penilaian dari Apex in Security adalah yang pertama yaitu Document review menilai tentang dokumen - dokumen keamanan bandar udara diantaranya Airport Security Program, Airport Contingency Plan, Prosedur Mutu dan Instruksi Kerja, yang kedua yaitu  fasilitas keamanan Bandar udara seperti CCTV, pagar perimeter, Xray, dan WTMD, yang ketiga yaitu Man Power terkait proses rekruitmen, dan training management.

Wahyudi menambahkan, kegiatan ini sangat penting bagi pengelola bandara. Rekomendasi yang diberikan juga semata-mata demi peningkatan pelayanan keamanan di bandara. Tim ACI World akan terus melakukan evaluasi serta memantau kinerja bandara.

Ia berharap dengan adanya Kerjasama dan komunikasi yang baik sangat diperlukan demi mewujudkan pelayanan keamanan yang Excellence di Bandara.

Setelah melakukan follow up review, Gary S Bowden mengapresiasi kinerja aviation security (AVSEC) karena telah bekerja keras untuk memenuhi rekomendasi yang diberikan oleh ACI World.
(marosfm news department)

Post a Comment

 
Copyright © 2014 102,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Maros Enterprise.