NEWS

Monday, 2 September 2019

Acara Kebesaran Adat, Penobatan Karaeng Turikale Maros Akan Digelar

Lembaga Adat Kekaraengan Turikale Kabupaten Maros bakal menggelar acara penobatan Karaeng Turikale yang baru. Acara penobatan ini nantinya akan dilakukan dengan prosesi kebesaran adat Turikale.
Keterangan Gambar : Karaeng Turikale Maros Brigjen Polisi (Purn) Dr. H. Andi Achmad Aflus Mapparessa, M.M, M.Si
(Ist).
Saat dikonfirmasi awak media Senin, (2/9/2019) Sekretaris Panitia Penobatan Karaeng Turikale
Andi Kurniawan mengatakan, Keturunan langsung Karaeng Turikale bersama keluarga besar dan tokoh adat atau sesepuh Turikale telah memutuskan dan menyepakati untuk melakukan prosesi penobatan Karaeng Turikale yang baru.

Brigjen Polisi (Purn) Dr H Andi Achmad Aflus Mapparessa MM MSi bin Haji Andi Mapparessa Daeng Sitaba bin La Palaguna Daeng Marowa bin I Sanrima Daeng Parukka adalah sosok tokoh yang dipandang mampu memikul amanah dan tanggung jawab memangku jabatan Karaeng Turikale.

Kurniawan menjelaskan, Penobatan Karaeng Turikale ini akan disaksikan oleh para Raja dan Sultan se Nusantara dan para Karaeng dalam aliansi Toddolimayya ri Marusu. Sementara Puncak acara penobatan akan berlangsung pada Kamis 5 September 2019 mendatang.

Saat ini panitia sudah merampungkan 95 persen persiapan acara penobatan tersebut. Selain puncak acara penobatan juga dilakukan serangkaian prosesi adat yang dilaksanakan pada 4 dan 5 September.

Diketahui dalam acara penobatan ini, ada beberapa prosesi adat yang baru dilaksanakan kembali usai 73 tahun tak pernah ada penobatan raja di Turikale.

Lanjut Kurniawan yang merupakan Cucu Karaeng Turikale ini mengatakan, Ada banyak tradisi dan prosesi adat penobatan raja yang merupakan warisan kekayaan budaya khas Turikale yang nantinya akan disaksikan kembali, Seperti Mala Lise' Tana Menroja, Lekka wae Loppo, Cemme Majeng, Pasitekkereng Lawolo, Ripasessu ri Menrawe, Ripallejja Tana Menroja. (marosfm news department).

Post a Comment

 
Copyright © 2014 102,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Maros Enterprise.