NEWS

Thursday, 3 December 2015

MASYARAKAT MAROS KINI BISA AKSES CCTV PUBLIK DENGAN SMARTPHONE ATAU KOMPUTER

Kabupaten Maros semakin berbenah diri dalam menghadapi era digital yang semakin berkembang. Salah satu langkah bukti kemajuan Maros yakni masyarakat maros secara umum kini bisa memantau kondisi beberapa titik jalan dan tempat publik melalui CCTV yang bisa diakses menggunakan gadget smartphone atau komputer terkoneksi internet.

Untuk pengguna Komputer, pastikan terhubung dengan koneksi internet untuk mengakses CCTV publik Kominfo Maros dengan cara buka link berikut :

http://103.30.182.90/doc/page/main.asp

Kemudian isi username : maros
Password : baik

Sesuai pengalaman kami, sebaiknya menggunakan browser Mozilla dan mengaktifkan webcomponent untuk membuka layar kamera CCTV.

Sementara untuk Pengguna smarthphone berbasis android, download aplikasi IVMS dan isi dengan
ip publik : 103.30.182.90, username : maros, password : baik

Nantinya akan muncul beberapa pilihan titik atau sudut jalan yang bisa dipantau melalui CCTV tersebut seperti Batas Kota Maros-Makassar, Tugu Kupu-kupu (Depan Mapolres Maros), Perempatan BRI, Batangase, Jalur depan Pesantren Istiqomah, Poros RSUD Salewangang, Taman Nasrum, Kecamatan Lau (Barandasi), Tugu Adipura, Kantor Bupati dan beberapa titik lainnya.

Radio BSFM Maros juga memanfaatkan Akses CCTV ini untuk memantau kondisi kemacetan yang ada di beberapa ruas jalan di Maros. (dok. bsfm)

Indra Sadli Pratama, salah seorang warga kelurahan Hasanuddin Kecamatan Mandai mengaku sangat terbantu dengan adanya CCTV yang bisa diakses luas masyarakat karena bisa melihat kondisi kemacetan di batas kota sebelum keluar rumah untuk beraktifitas.

"Maros ternyata lebih keren karena cctv nya bisa diakses masyarakat umum. Beda di tempat lain bahkan makassar yang akses CCTV nya setahu saya tidak dibuka secara publik" Ungkap teguh via chat saat ditanya reporter bsfm.

Sistem ini juga dimanfaatkan para perantau asal Maros yang rindu dan ingin mengetahui kondisi ruas jalan dan beberapa sudut Maros secara real time.

Terobosan yang dilakukan pada era pemerintahan Hatta Rahman ini, membuat Kabupaten Maros meraih penghargaan bergengsi Indonesia Digital Society Award (IDSA) 2015.

Penghargaan ini diberikan atas komitmen Maros terhadap penerapan dan pembangunan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK). 

Penghargaan ini lahir berdasarkan survei tahunan MarkPlus Insight yang didukung PT. Telkom dan di-endorse Kementerian Komunikasi dan Informatika RI untuk memonitor perkembangan digitalisasi kota dan kabupaten di Indonesia yang melibatkan penilaian di 110 Daerah Tingkat II Se-Indonesia dan 11.250 responden. (bsfm news department)

Post a comment

 
Copyright © 2014 102,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Maros Enterprise.