NEWS

Tuesday, 27 October 2015

PELAYANAN RSUD SALEWANGANG MAROS MENDAPAT SOROTAN RECLASERRING INDONESIA

Ketersediaan obat dan pelayanan yang masih kurang di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Salewangang Maros mendapat sorotan Lembaga Advokasi dan Kemanusiaan Tertua di Indonesia yaitu Lembaga Reclasseering Indonesia cabang Maros yang bergerak dalam bidang Penegakan Supremasi Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Kabid HAM dan Advokasi Reclassering Indonesia - Maros, Jumadi menyampaikan kekecewaannya atas buruknya birokrasi yang ada di lingkup RSUD Salewangang Maros, dihadapan Anggota DPRD Maros Komisi III bidang Pendidikan dan Kesehatan, kemarin (26/10/2015).

Jumadi usai menyampaikan aspirasi, kemudian mengungkapkan uneg-unegnya kepada reporter bsfm dan menjelaskan, pasien pengguna jasa kesehatan gratis, baik jamkesda maupun bpjs tidak sepenuhnya mendapat pelayanan gratis di rumah sakit tersebut.

Hal itu terlihat dari setiap resep yang diberikan pihak rumah sakit, hanya sebagian kecil yang tersedia di apotek rumah sakit. Sehingga keluarga pasien harus membeli obat di apotek pelengkap.

Untuk itu, pihaknya mendesak Komisi III DPRD Maros membentuk Pansus untuk mengevaluasi birokrasi agar ditemukan hal-hal yang harus dibenahi karena hal ini bukan berkaitan terkait personal job para tenaga rumah sakit, namun lebih kepada buruknya sistem birokrasi pelayanan kesehatan gratis.


Selain itu, sesuai hasil investigasinya, Jumadi juga menjelaskan beberapa hal yang dilakukan pihak rumah sakit yang tidak sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) seperti kasus kejanggalan dimana pasien disuruh untuk menyimpan barang berharganya seperti handphone jika administrasinya belum lengkap dan dokter yang hanya memberikan resep melalui telpon usai dijelaskan perawat soal kondisi pasien.

Hingga saat ini, kami belum berhasil mengonfirmasi Kepala RSUD Salewangang, namun dijadwalkan pihak DPRD Maros akan memanggil pihak pengelola rumah sakit salewangang Maros, selasa (27/10/2015) di DPRD Maros untuk hearing atas permasalahan tersebut. (bsfm news department)

1 comment :

 
Copyright © 2014 102,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Maros Enterprise.