NEWS

Wednesday, 28 October 2015

KAPOLDA SULSELBAR, PUDJI HARTANTO BERGANTI NAMA "I MAPPAREWA KARAENG RUPPA" DI MAROS

Kapolda Sulselbar, Irjen Pol Drs. Pudji Hartanto MM dianugerahi gelar kebesaran adat "Karaeng" saat melakukan kunjungan kerja di Polres Maros, selasa (27/10/2015).

Gelar teratas dalam strata sosial Bugis Makassar tersebut diberikan Pemegang Amanah Raja dan Pemangku Adat Kerajaan Marusu A. Abd. Waris Tajuddin Karaeng Sioja S.Si, M.Pd bersama Lembaga Pemangku Adat Kerajaan Marusu, Maros - Sulsel.

Suasana Penyematan Gelar Kebangsawanan Kapolda Sulselbar Irjen Pol Drs. Pudji Hartanto MM didampingi Kapolres Maros AKBP Lafri Prasetyono S.Ik bersama Pemegang Amanah Raja dan Pemangku Adat Kerajaan Marusu A. Abd. Waris Tajuddin Karaeng Sioja S.Si, M.Pd bersama Unsur Lembaga Pemangku Adat Kerajaan Marusu (27/10/2015) (dok. bsfm/ady)

Nama dan gelar kebesaran untuk Pudji Hartanto adalah "I Mapparewa Karaeng Ruppa". Pemberian nama tersebut diambil dari 2 sosok Raja dan Sulewatang (Pemerintah) Kerajaan Marusu yang sukses pada jamannya.

Adapun makna nama tersebut, dimulai dengan huruf "I" yang merupakan awalan nama yang menggambarkan terpujinya sosok pemilik nama sehingga selalu di hormati siapa saja dan senantiasa dimuliakan keluarga maupun masyarakat. "Mapparewa", berasal dari bahasa suku bugis makassar yang secara harfiah berarti selalu mengimbangi atau memiliki sifat adil dalam mengambil keputusan. Secara Maknawi berarti sosok manusia yang cerdas serta mempunyai derajat tinggi dalam masyarakat karena sikapnya yang adil dalam mengambil keputusan.

"Karaeng" merupakan gelar kebangsawanan yang sangat terhormat dikalangan suku Bugis Makassar. Dan "Ruppa" berarti sikap yang suka bertemu dan berani. Adapun secara makna adalah sosok bangsawan yang ramah, memasyarakat, peduli dan berwawasan luas.

A. Abd. Waris Tajuddin Karaeng Sioja yang menyematkan nama dan gelar tersebut dalam prosesi adat berharap semoga pemberian nama dan gelar kebesaran tersebut menjadi penyemangat dalam pelestarian budaya dan nilai-nilai adat Kerajaan Marusu serta menjadi sugesti dalam pemaknaan dan arti nama yang diterimanya.

Pudji Hartanto atau  I Mapparewa Karaeng Ruppa usai penyematan nama dan gelar tersebut mengatakan, dengan gelar karaeng yang diterimanya akan melaksanakan amanah dengan baik sesuai harapan agar bisa lebih mencintai masyarakat Maros sehingga menjadi lebih damai dan sejahtera, serta anggota polisi yang ada di Maros bisa lebih profesional dan dicintai Masyarakat.

Penyematan Gelar Kebangsawanan Kerajaan Marusu tersebut dilaksanakan dengan prosesi budaya sakral dengan persembahan tradisi Mangngaru' yang menggambarkan ungkapan sumpah setia rakyat kepada pimpinannya. (bsfm news department)

Post a comment

 
Copyright © 2014 102,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Maros Enterprise.