NEWS

Monday, 17 June 2019

Cegah Kasus Kekerasan Perempuan Dan Anak, PUSPA Akan Hadir Di Maros

Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Maros terus mendorong tingkat partisipasi masyarakat untuk bekerjasama menciptakan kondisi masyarakat yang peduli terhadap Anak dan Pemberdayaan Perempuan.

Salah satu yang dilakukan DP3A Maros, yakni akan membentuk Forum Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA).

Keterangan Gambar : Kadis P3A Maros, M. Idrus (tengah). (dok. ist)

Kadis DP3A Maros, Muh. Idrus, senin, (17/6/2019) mengatakan Forum ini jadwalnya akan dibentuk rabu 19 Juni dengan menghadirkan berbagai elemen seperti lembaga pemerintah, organisasi, pelaku usaha, LSM, perguruan tinggi dan Media.

Berdasarkan data dari lembaga Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) pada tahun 2017 di Kabupaten Maros, jumlah kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak sebanyak 63 orang, terdiri dari 8 orang laki-laki, 55 orang perempuan.

Sementara data riset Yayasan Maupe Maros tahun 2018, ibu rumah tangga paling banyak mengalami kekerasan yakni sebanyak 56,06%.

Maraknya kasus perempuan dan anak ini diakibatkan masih kurangnya kepedulian atau partisipasi masyarakat, dunia usaha, lembaga pemerintah dan non pemerintah dalam pencegahan dan penanganan solusi atas isu ini.

Idrus menargetkan terbentuknya Forum PUSPA ini akan tercipta inovasi dan praktek terbaik serta tersusunnya tindak lanjut dari masing-masing stakeholder sesuai peran dan fungsi masing-masing lembaga dalam mencegah atau mencari solusi dalam hal penanganan isu perempuan dan anak.

Idrus berharap, semua lembaga masyarakat bersama dunia usaha bisa bekerja bersama melalui Forum ini sehingga bisa menurunkan angka kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, kasus perdagangan orang, dan meningkatkan akses ekonomi bagi kaum perempuan di Maros. (marosfm news department)

Post a Comment

 
Copyright © 2014 102,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Maros Enterprise.