NEWS

Friday, 3 May 2019

Jurnalis Maros Aksi Damai Peringati Hari Kebebasan Pers Sedunia

Puluhan Awak Media di Kabupaten Maros memperingati Hari Kebebasan Pers Sedunia yang jatuh pada 3 Mei dengan aksi damai turun ke jalan.

Wartawan dari sejumlah media, seperti Koran, TV, Radio dan Media Online ini berkumpul di titik Pertigaan Jalan AP Pettarani - Jalan Jend. Sudirman dengan pengawalan ketat dari Pihak Kepolisian.

Mereka melakukan aksi tersebut sebagai bentuk solidaritas atas masih adanya sejumlah kasus kekerasan dan intimidasi yang dialami pekerja media di seluruh dunia.

Keterangan Gambar : Aksi Damai Jurnalis Maros dalam Peringatan Hari Kebebasan Pers Sedunia, 3 Mei 2019. (dok. marosfm)

Koordinator Aksi, Bahar Arifin dalam orasinya, jumat (3/5/2019) mengatakan hingga saat ini, Para Pewarta masih was-was dan bekerja penuh resiko karena rawan menjadi korban kekerasan dari pihak aparat maupun masyarakat utamanya dalam aksi unjuk rasa yang berakhir chaos atau ricuh.

Selain menjadi korban kekerasan fisik, Wartawan juga masih banyak yang terintimidasi oknum tertentu saat memberitakan hal-hal berbau sorotan atau yang berbau tajam.

Padahal, Menurutnya, pencari Berita tidak boleh diintimidasi apalagi sampai mendapat ancaman yang berhubungan dengan keselamatan diri dan keluarga.

Untuk itu, Ia meminta agar di Hari Kebebasan Pers Sedunia, Pihak pengamanan seperti TNI dan Polri harus menyadari peran dan hak jurnalis sehingga bisa bersinergi dalam menyampaikan informasi berimbang ke khalayak.

Sementara dalam pengamanan tersebut, Kanit Turjawali Satlantas Polres Maros, Ipda OS Fredy Tioky mengatakan aksi damai yang dilakukan rekan jurnalis Maros ini berjalan aman dan lancar.

Ipda OS Fredy juga mengaku, selama ini di Kabupaten Maros, rekan Jurnalis dan pihak Polres Maros sudah bersinergi dengan baik sehingga kekerasan dan intimidasi dikalangan jurnalis bisa dikatakan sangat minim atau bahkan belum pernah terjadi di Kabupaten Maros.

Usai Aksi Damai, Pihak pengamanan bersama Jurnalis pun foto bersama sambil bergandengan tangan sebagai bentuk komitmen dalam menghindari setiap bentuk kemungkinan terjadinya kekerasan dan intimidasi dalam menjalankan tugas jurnalistik. (marosfm news department)

Post a Comment

 
Copyright © 2014 102,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Maros Enterprise.