NEWS

Wednesday, 20 March 2019

KPUD Maros Rerampungkan Penyortiran Surat Suara Calon Anggota DPRD Provinsi Dan DPR RI

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Maros telah merampungkan penyortiran surat suara calon anggota DPRD Provinsi dan DPR RI, dalam waktu tujuh hari terakhir, Rabu (20/3/2019).

Dalam proses peyortiran KPUD Maros awalnya melibatkan 150 orang petugas, namun untuk mempercepat penyortiran, ditambahkan 200 petugas yang digaji sebesar Rp. 190 juta secara borongan.

Selama penyortiran  ditemukan 8.107 lembar surat suara rusak seperti karena adanya bercak tinta atau sobek. Kertas suara yang rusak itu akan dilaporkan ke KPU Sulsel dan pusat untuk dilakukan pergantian.

Proses penyortiran surat suara di gedung sekretariat bersama yang digunakan sementara sebagai gudang logistik KPUD Maros. (dok. ist)

Komisioner KPUD Maros, Saharuddin Datu mengatakan, Sejauh ini, KPU Maros baru menerima kertas suara untuk DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten yang totalnya mencapai 476.234 lembar. Sementara untuk kertas suara DPD dan Calon Presiden RI, KPUD Maros masih menunggu dari Makassar. Berdasarkan jadwal, kertas suara DPD dan Presiden RI sudah tiba di pelabuhan Makassar. Namun hari Jumat mendatang baru akan didistribusikan ke Maros Rabu (20/3/2019).

Saharuddin menambahkan, penyortiran surat suara semua jenis, dijadwalkan rampung dalam waktu 10 hari. Penyortir tinggal memiliki tiga hari perampungan. Jika kertas suara DPD dan Presiden lambat masuk ke Maros, kemungkinan besar waktu penyortiran juga akan ditambah.

Surat suara yang disortir tersebut akan digunakan oleh warga yang sudah terdaftar sebagai pemilih tetap (DPT) Maros. Jumlanya mencapai 245.041 jiwa.

Selama tujuh hari proses penyortiran, Polres Maros menugaskan personelnya untuk berjaga ketat di gudang penyimpanan surat suara. Setiap penyortitr yang akan masuk di ruangan, akan digeledah polisi. Petugas wanita digeledah oleh Polwan. Sementara pria digeledah Polki. (marosfm news departement)

Post a Comment

 
Copyright © 2014 102,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Maros Enterprise.