NEWS

Wednesday, 20 February 2019

Pemenuhan Hak Anak Di Lapas Maros Terus Ditingkatkan



Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Maros akhir-akhir ini menjadi perhatian banyak pihak, utamanya dalam penanganan anak didik pemasyarakatan (andikpas) yang berada di Lapas tersebut.

Keterangan Gambar : Foto bersama usai kunjungan Kasubdit Pendidikan dan Pengentasan Anak DitJen Pemasyarakatan Kemenkumham RI bersama Kalapas Maros dan Kerlip. (dok. ist)

Kali ini Lapas Maros menerima kunjungan dari Kemenkumham RI, Gusti Ayu Putu Suwardani Kasubdit Pendidikan dan Pengentasan Anak DitJen Pemasyarakatan.

Kunjungan yang dilakukan senin, 18 Februari kemarin itu diterima langsung Kepala  Lapas Klas IIA Maros, Indra Setia Budi beserta jajarannya.

Sebelum meninjau langsung ke wisma anak, Gusti Ayu diskusi terkait  andikpas yang sementara ini berada di Lapas.

Turut dalam diskusi tersebut, Kepala Lapas Maros, Ketua KerLiP Maros, Bagus Dibyo Sumantri, Program Manajer Program Peduli, Wibowo, Akademisi Unhas, Alwy Rachman dan sejumlah Dewan Juri Sayembara Penulisan Puisi,  Cerpen dan Essai antar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) se Indonesia.

Gusti Ayu menyampaikan, Lapas Maros ini membina puluhan anak dan saat ini perbaikan untuk pemenuhan hak anak mulai terlihat ke arah yang baik.

Menurutnya, selain perlakuan petugas pada anak yang mengedepankan pemenuhan hak anak, wisma juga tempat tinggal mesti ramah anak.

Saat melihat wisma anak yang sementara dalam pengecatan. Seraya mengingatkan tentang perlunya segera bekerjasama dengan Dunas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)  setempat untuk penerbitan Kartu Identitas Anak maupun KTP-el bagi yang memenuhi syarat.

Sementara Kalapas, Indra mengemukakan selain menyediakan ruang kreatifitas anak, wisma anak dibuat nyaman dan ramah anak. Tembok di wisma anak akan dibuat mural, cat bergambar dan anak diajak berpartisipasi dalam membuat tampilan gambarnya.


Pada kesempatan itu,  Bagus Dibyo Sumantri, Ketua Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan (KerLiP) Maros, yang selama ini melakukan pendampingan pada anak di Lapas Klas IIA Maros mengemukakan pihaknya bekerja sama PKBI Sulsel, melalui program PEDULI mendorong pemenuhan hak anak yang berada di Lapas Maros ini.

Selain itu dukungan dari Pemerintah Kabupaten Maros melalui OPD terkait, DPRD Maros dan Lembaga Masyarakat juga tinggi. (rilis/marosfm news department)

Post a Comment

 
Copyright © 2014 102,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Maros Enterprise.