NEWS

Friday, 16 November 2018

Pengelola Museum Daerah Gandeng Dara Daeng Maros Promosikan Museum

Forum Komunikasi Dara Daeng Maros (FKDDM) berkomitmen ikut membantu mempromosikan Museum Daerah Maros sebagai salah satu destinasi yang bisa dinikmati warga maupun wisatawan saat berkunjung ke Kabupaten Maros.

Museum tersebut berlokasi di Jalan A. Yani No. 1 tepat di depan Mapolres Maros.

Ketua FKDDM Maros, Arie Anugrah mengatakan, bangunan museum ini memiliki nilai historis dan menjadi cagar budaya yang perlu dilestarikan karena termasuk bangunan tua bekas Rumah Sakit Bersalin, Kantor BP7, Bappeda, Kantor Dispenda hingga pernah jadi Kantor Camat dengan pintu kayu yang masih asli peninggalan kolonial belanda. 

Selain itu, Menurutnya, benda yang ditampilkan juga menarik karena Maros telah dikenal sebelumnya sebagai tempat yang kaya akan peninggalan budaya, sejarah Islam, kolonial hingga pra-sejarah. 

Keterangan Gambar : Dara Maros 2018, Alfiah Ummah Suhaimah (kanan) dan Dara Persahabatan Maros 2018 (kiri). (dok. marosfm)

Arie Anugrah bersama Dara Maros 2018, Alfiah Ummah Suhaimah dan Dara Persahabatan Maros 2018, Sry Marshanda bersama pihak pengelola Museum pun berinisiatif membuat video brand yang bisa mempublikasikan dan mempromosikan museum tersebut.

Kepala Seksi Cagar Budaya dan Museum Daerah, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Maros, Burhan Jaya. S.Sos, Jumat (16/11/2018) mengapresiasi langkah tersebut sebagai strategi yang kreatif dalam menarik lebih banyak minat kunjungan ke Museum Daerah ini.

Ia menjelaskan museum ini sebenarnya sudah ada sejak Januari 2016 lalu namun masih tahap renovasi pembenahan dalam mengumpulkan benda yang akan dipamerkan.

Hingga 2017, Museum ini pun mulai dioperasikan dengan menyajikan berbagai koleksi benda budaya seperti Koleksi Arkeologi, Koleksi Teknologi peralatan Rumah Tangga Masyarakat tradisional dan lain-lain.

Sementara Dara Maros 2018, Alfiah berharap upaya yang dilakukan ini bisa berkontribusi memajukan dan mengangkat nilai budaya sehingga generasi muda bisa semakin mencintai budaya lokal daerahnya.

"kami berharap kehadiran para wisatawan tidak hanya sekedar menikmati keindahan bantimurung, rammang-rammang atau destinasi wisata lainnya di maros, tetapi juga mengetahui sejarah-sejarah Kabupaten Maros melalui kunjungan di museum maros" tutupnya. (marosfm news department)

Post a Comment

 
Copyright © 2014 102,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Maros Enterprise.