NEWS

Friday, 26 February 2016

APDESI PASTIKAN KADES DI MAROS SIAP KELOLA DANA DESA DENGAN BAIK

Pemerintah akan mengucurkan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2016 serta Dana Desa dengan total anggaran sekitar Rp. 120 miliar untuk 80 Desa di Maros. Dana itu akan dikelola sendiri Pemerintah Desa (Pemdes) untuk peningkatan infrastruktur dan program peningkatan kesejahteraan masyarakat pedesaan.

Dana Desa itu diperkirakan dicairkan pemerintah pusat sekitar bulan Maret - April melalui Pemerintah Kabupaten untuk selanjutnya ditransfer ke rekening Pemerintah Desa.

Ketua Apdesi Maros, Abd. Azis bersama Anggota DPRD Sulsel, Irfan AB (dok. bsfm/apdesimaros)

Terkait hal itu, Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Maros, Abdul Azis, jumat (26/2/2016) kepada bsfm menyampaikan kesiapan seluruh Pemdes dalam mengelola anggaran itu apalagi di bawah pengawasan dan pembinaan langsung Kajari Maros.

Selain kesiapan dari pihak masing-masing pemdes, Azis juga menjelaskan kesiapan Apdesi Maros yang saat ini bertugas membuat langkah-langkah perencanaan terkait aturan baru dan tahapan perencanaan seperti Musrembang, APBdes termasuk dokumen lain seperti RPJMdes, dan RKPdes. Sehingga saat dana desa turun, maka para Kepala Desa sudah mempersiapkan segala sesuatu baik gambar, RAB dan lain-lain.

Selain itu, Azis menjelaskan Apdesi Maros juga akan membantu Pemdes untuk penyusunan pertanggungjawaban untuk tahun 2016, dengan bekerjasama BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) untuk menggunakan aplikasinya.

Apdesi Maros sudah menyampaikan hal ini ke Bupati Maros, dan sisa menunggu persetujuan Bupati untuk dilaksanakan pelatihan penggunaan aplikasi milik BPKP.

Anggota DPRD Provinsi Sulsel, Irfan AB mengatakan pihaknya akan memanggil Ketua Apdesi Se-Sulsel untuk berkoordinasi terkait persiapan pengelolaan Dana Desa dan hal-hal yang menjadi kendala untuk dipecahkan bersama apalagi melihat untuk setiap Kabupaten dan setiap desa ada perbedaan jumlah anggaran.

Sebelumnya, Irfan sudah melakukan pertemuan dengan Apdesi Maros saat melakukan kunjungan resesnya, januari lalu yang bertujuan mendorong pemanfaatan dana desa agar tepat sasaran dan menggali informasi terkait perkembangan desa di Maros utamanya dalam kesejahteraan. (bsfm news department/Ady Maros enterprise)

Post a Comment

 
Copyright © 2014 102,3 Maros FM, Spirit Butta Salewangang. Designed by Maros Enterprise.